Friday, February 13, 2015

Materi dakwah "Keutamaan dan Kemuliaan waktu untuk Berdoa"


Nama   : --
No       : 03
Kelas   : XI IPA 3


Keutamaan dan Kemuliaan waktu untuk Berdoa
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Pertama tama marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT,Rabb seluruh alam. Shalawat serta salam tercurah kepada  Nabi  Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan umat-Nya yang selalu istiqomah di jalan ini. Amin.
Para hadirin yang berbahagia setiap saat,setiap hari dan setiap waktu kita selalu berdoa. Tapi apakah doa-doa yang kita panjatkan itu akan terkabul? wallahu a’lam. Allah telah memberikan masing-masing waktu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda-beda, diantaranya ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa. Namun demikian bukan berarti waktu diluar waktu doa yang mustajab kita tidak berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Sebagai manusia kita hanya berdoa dan berusaha sedangkan yang menentukan adalah Allah SWT.

Allah telah memerintahkan hamba-hambanya untuk senantiasa berdoa sebagaimana  Firmannnya :

 
 “Dan tuhanmu berfirman: berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadan hina dina’’. (QS. Al- Mukmin 40:60)
 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka Aku sesungguhnya dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. (QS. Al- Baqarah 186)
Untuk itu marilah kita jangan sungkan-sungkan untuk selalu berdoa meminta kepada Allah SWT. Bagi setiap umat muslim seharusnya memanfaatkan waktu-waktu yang utama dan mulia untuk berdoa agar mendapatkan kesuksesan, keberuntungan, kemenangan dan keselamatan. Adapun waktu-waktu tersebut adalah :
Sepertiga akhir malam,dari Abu Huraira  ra, bahwasanya Rassulullah saw bersabda. Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam, lalu berfirman ; barang siapa yang berdoa maka akan aku kabulkan,barang siapa yang memohon pasti akan aku perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun pasti aku akan mengampuninya”. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi’Ashim)
Kedua , tatkala berbuka puasa bagi orang yang berpuasa. Dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash ra. Bahwa dia mendengar Rasulullah saw ahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak. (HR. Ibnu Majah dan hakim)
Ketiga adalah setiap selepas sholat fardhu. Dari Abu Umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah SWT, beliau menjawab. Di akhir pertengahan malam yang akhir dan setiap selesi shalat fardhumu.(HR.Tirmidzi)
Pada saat adzan dan perang berkecambuk, dari Sahl bin Sa’ad ra. Bahwa Rasulullah bersabda ada dua doa tang tidak tertolak atau jarang tertolak; pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecambuk”.(HR. Abu Daud, Al-Baihaqi dan Hakim)

Dari Jabir Bin Abdillah ra. Bahwa Rasulullah bersabda :
“barangsiapa yang mengatakan setelah mendengar seruan adzan “ Ya Allah, Tuhan pemilik adzan yang sempurna ini dan shalat yang ditegakkan, berilah Muhammad wasilah dan fardhilah dan bangkitkanlah ia pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan untuknya  halallah ia mendapatkan sysfaatku pada hari kiamat”.(HR.Bukhari)
            Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Qs Al. Qadr 97:3-5

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Roh (Jibril) dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah malam itu sampai terbit fajar”. ( Qs Al. Qadr 97:3-5)
Selain itu imam Asy-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti di kabulkan. (Tuhfatud Dzakarin hal.56)
 Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.
            Para hadirin sekalian semoga doa kita menjadi salah satu doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Amin.
            Demikian uraian singkat mengenai waktu-waktu yang muhajab untuk berdoa. Semoga uraian singkat yang kita bahas hari ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Allah.   
Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatu.


Materi ini sebenernya tugas sekolahku tapi aku mau post disini karena mungkin bisa bermanfaat untuk kalian  dan materi ini pasti banyak kekurangan juga mungkin kesalahan karena keterbatasan saya jadi mohon maaf. 

Terimakasih sudah baca :)




No comments:

Post a Comment

Leave me a comment ya :) Even i can't reply ASAP! tapi aku selalu baca kok. Criticisms and suggestions it's okay but. No harsh & vulgar words. :D